Bahan Makanan Sehat, Gaya Hidup Sehat Untuk Kesehatan Tubuh

Makanan merupakan salah satu faktor penentu kesehatan, tidaklah sedikit penyakit yang diakibatkan karena makanan yang kita makan. Semakin sehat dan bergizi makanan yang kita makan maka semakin kecil kemungkinan kita untuk terserang penyakit.

Bahan makanan sehat merupakan kunci untuk makanan yang sehat pula, karena kualitas makanan tergantung dari bahan makanan yang digunakan untuk membuatnya.

Diantara Bahan Makanan Sehat yang perlu kita konsumsi diantaranya adalah :

  1.  Sumber Karoten, sumber antioksidan seperti ubi jalar, wortel, labu kuning dan bayam
  2. Sumber vitamin E seperti tauge minyak sayur, kacang-kacangan dan asparagus
  3. Sumber vitamin C seperti jeruk, brokoli, sawi, daun singkong dan jambu biji
  4. Sumber asam folat seperti kacang-kacangan (kacang merah, kacang polong dan kacang hijau ), bayam dan hati ayam
  5. Sumber vitamin B6 seperti daging ayam tanpa lemak, pisang, beras merah dan oatmeal
  6. Sumber asam lemak omega 3 seperti minyak ikan, dan aneka jenis ikan laut, teri sarden dan tengiri
  7. Sumber flavonoid seperti pepaya, mangga, jambu, dll

Dengan mengetahui sumber Bahan Makanan Sehat kita dapat memilih dan mengolah sesuai dengan kebutuhan gizi dan kesehatan kita masing-masing.

Semoga bermanfaat.

Bookmark and Share

 

 

10 Fakta Tentang Gizi, Fakta Kesehatan WHO, 10 Facts on Nutrition

Nutrisi adalah asupan makanan, yang  kaitannya dengan kebutuhan diet sehat. Gizi yang baik dan diet yang  benar dikombinasikan dengan aktivitas fisik secara teratur  adalah dasar kesehatan yang baik. Kurang gizi dapat menyebabkan penurunan kekebalan, meningkatkan kerentanan  penyakit, gangguan fisik dan mental.

Nutrisi juga pondasi untuk kesehatan dan pembangunan, orang sehat lebih kuat, lebih produktif, dan lebih mampu mematahkan siklus kemiskinan dan dapat memaksimalkan potensi mereka sepenuhnya.

Beberapa fakta yang dapat kita jadikan pegangan diantaranya adalah :

  1. Malnutrisi merupakan penyumbang utama terhadap total beban penyakit global. Lebih dari sepertiga kematian anak di seluruh dunia dikaitkan dengan gizi. Kemiskinan adalah penyebab utama dari sulinya memenuhi asupan gizi.
  2. Sebuah indikator utama dari malnutrisi adalah terhambatnya pertumbuhan atau kekerdilan, yaitu ketika anak-anak terlalu pendek diantara  kelompok usia mereka dibandingkan dengan standar pertumbuhan anak. Sekitar 178 juta anak-anak di dunia mengalami kekerdilan, yang dihasilkan dari makanan yang tidak sehat, sedikitnya asupan vitamin dan mineral dan timbulnya penyakit yang menyebabkan  pertumbuhan melambat dan perkembangan otak anak tertinggal .
  3. Berat badan menurun adalah bentuk parah dari kekurangan gizi akibat kekurangan pangan akut dan diperparah oleh penyakit. Sekitar 1,5 juta anak meninggal setiap tahun karena berat badan menurun. Naiknya harga pangan, kelangkaan pangan di daerah konflik, dan bencana alam mengurangi akses untuk makanan yang sesuai dan memadai.
  4. Kekurangan yodium adalah masalah  utama dalam  kesehatan masyarakat. Sekitar 2 milyar orang di dunia  kekurangan yodium,  begitu juga kekurangan  vitamin A menjadi penyebab  lebih dari setengah juta kematian  anak-anak di bawah lima tahun diseluruh dunia setiap tahunnya.
  5. Kelebihan berat badan dan Obesitas di seluruh dunia merupakan tantangan kesehatan masyarakat yang utama. Sebagai akibatnya, tingkat penderita Diabetes dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan diet terus meningkat.
  6. Gizi yang dibutuhkan ibu hamil selama kehamilan berguna untuk kesehatan bayi. WHO merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama enam bulan, memperkenalkan makanan pendamping yang sesuai dengan usia dan aman di enam bulan, dan terus menyusui sampai dua tahun atau lebih. Sekitar 20% kematian pada anak balita di seluruh dunia bisa dihindari jika panduan ini  diikuti.
  7. Masa remaja adalah waktu yang ideal untuk membentuk kebiasaan makan yang baik dan aktivitas fisik. Anemia merupakan masalah gizi yang utama pada anak perempuan remaja.
  8. Makanan yang tidak sehat dan tidak aktif bergerak  meningkatkan resiko kesehatan dari waktu ke waktu yang berkontribusi pada penyakit jantung, kanker, diabetes dan masalah lain.
  9. Pada tahun 2006 WHO mengeluarkan standar pertumbuhan anak internasional yang memberikan tolok ukur untuk membandingkan status gizi anak-anak.
  10. Pendidikan umum merupakan cara lain untuk meningkatkan kesehatan gizi. Mulai di China selama Olimpiade Beijing, dan berlanjut di negara-negara lain, WHO dan Negara-negara Anggota akan mempromosikan “5 kunci” untuk diet yang sehat:

    1. memberi bayi Anda hanya ASI untuk enam bulan pertama kehidupan
    2. makan  makanan yang bervariasi
    3. makan banyak sayuran dan buah-buahan
    4. makan makanan dengan jumlah lemak sedang
    5. makan lebih sedikit garam dan gula

Source : WHO (World Health Organization)

Bookmark and Share

 

Makanan Sehat Untuk Sakit Jantung, Healthy Food for Heart Disease

Makanan sehat untuk sakit jantung sangat banyak sekali dicari oleh orang,  dikarenakan semakin banyaknya penderita sakit jantung akhir-akhir ini, jantung koroner, jantung lemah, jantung bocor adalah beberapa penyakit jantung yang sangat ditakuti kebanyakan orang, dikarenakan penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Lalu kenapa banyak yang mencari makanan untuk penyakit jantung akhir-akhir ini ? jawabnya adalah, karena makanan adalah awal dari datangnya penyakit, untuk itu diharuskan memilih makanan dengan lebih cermat sebagai pecegahan dini guna menghindari serangan penyakit jantung.

Olahraga teratur, tidak merokok, dan menghindari stress merupakan beberapa hal yang dianjurkan para pakar kesehatan, tentu saja dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi untuk jantung. Beberapa makanan dibawah ini patut menjadi makanan sehari-hari anda agar terhindar dari serangan penyakit jantung.

1. Salmon

Ikan salmon merupakan sumber protein dan asam lemak omega-3 yang baik untuk jantung, 2 kali seminggu mengkonsumsi ikan salmon sangat direkomendasikan sekali untuk kesehatan jantung.

2. Bayam

Bayam merupakan kekuatan utama dari berbagai macam sayuran, warnanya yang cenderung gelap berasal dari berbagai macam phytochemical, vitamin, dan mineral khususnya folat dan besi yang berperan melawan penyakit, melindungi dari penyakit jantung dan mempertajam pandangan mata.

3.  Oatmeal

Oat merupakan biji-bijian yang kaya akan vitamin, mineral serta serat yang efektif menurunkan kolesterol, karena menurut penelitian oat mampu menjaga agar kadar kolesterol normal, diet yang kaya akan oat bisa mengurangi resiko penyakit jantung.

4. Jus Anggur Segar

Apakah anda tahu bahwa orang Perancis sangat kecil terkena resiko penyakit jantung ? padahal mereka mengkonsumsi lemak 4 kali lebih banyak dan merokok sebanyak orang Amerika, itu dikarenakan mereka terkenal rajin meminum Red Wine, hasil fermentasi Anggur Merah ini ternyata kaya akan Flavonoid yang berfungsi sebagai sumber antioksidan yang prima dan berfungsi menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mencegah terjadinya penyumbatan dinding arteri, sehingga meminimalisir resiko penyakit jantung, anda bisa mengganti Red Wine dengan Jus Anggur segar.

5. Blueberry

Blueberry mengandung Anthocyanin yaitu antioksidan dari warna biru Blueberry yang berfungsi mencegah penyakit jantung, selain itu Blueberry kaya akan serat dan vitamin C.

6. Protein Kedelai

Diet yang kaya protein kedelai dapat menurunkan trigliserida, sehingga membantu mencegah penyakit kardiovaskuler dan menjaga jantung tetap sehat karena protein kedelai banyak mengandung serat, vitamin dan mineral yang merupakan kandungan makanan sehat untuk sakit jantung.

 

Makanan Sehat Untuk Anak, Healthy Food For Kids

Makanan sehat untuk anak biasanya identik dengan kata mewah, dikarenakan kebiasaan orang tua menghabiskan uang berlebih untuk kebutuhan pangan anak, dengan tujuan si buah hati mendapatkan kesehatan dan perkembangan yang optimal serta mendapatkan kecerdasan sesuai dengan harapan orang tua. Oleh karena itu orang tua selalu “menghambur hamburkan” uang untuk membeli makanan yang dinilai mahal dan pastinya cukup gizi. Padahal makanan bergizi tinggi tidak harus mahal, menu makanan yang perlu dipersiapkan orang tua haruslah mengandung vitamin, protein, karbohidrat yang terdapat pada sayuran, buah- buahan,nasi dan susu.Cukup dengan menu yang mengandung ketiga zat tadi sudah dapat dipastikan anak akan tumbuh sesuai dengan harapan bunda.

Jadi jangan membayangkan bahwa makanan sehat itu makanan yang hanya mampu dibeli oleh orang kaya saja, karena makanan sehat adalah makanan yang mengandung zat- zat yang dibutuhkan tubuh. Setelah mengetahui hal ini tentu orang tua tidak perlu takut lagi dalam menyajikan menu makanan sehat untuk anak, karena bahan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh serta mengandung ketiga zat penting tadi bisa didapatkan dengan mudah serta harga yang sangat terjangkau, sehingga anak akan tumbuh dengan optimal.

Ketika anak tumbuh optimal tentunya semua harapan kita tentang tumbuh kembang anak akan terpenuhi serta kita tidak perlu lagi mengkhawatirkan anak kita mudah terserang penyakit. Karena anak yang makan dengan menu yang sesuai dengan makanan sehat untuk anak maka metabolisme anak akan meningkat sehingga anak tidak mudah sakit dan hal ini pastinya akan memaksimalkan anak untuk belajar tanpa gangguan sakit, sehingga secara otomatis prestasi anak akan meningkat. Zat protein yang termasuk dalam tiga zat yang dibutuhkan tubuh terutama anak yang sedang dalam masa berkembang merupakan zat yang bisa meningkatkan kecerdasan anak.

Selain memenuhi menu makanan sehat untuk anak orang tua juga harus memperhatikan pola makan anak, jangan sampai berlebihan ataupun kekurangan karena hal ini juga sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Makan yang ideal adalah 3 kali sehari yaitu sebelum berangkat sekolah karena ada penelitian yang mengatakan jika kita sarapan sebelum berangkat sekolah maka konsentrasi belajar di sekolah tidak akan terganggu, yang kedua adalah makan siang atau pulang sekolah karena tubuh perlu tambahan energi setelah tadi melakukan banyak aktivitas, yang terakhir makan malam atau 2 jam sebelum tidur malam karena jika mendekati tidur malam makanan tidak akan terproses secara sempurna di dalam tubuh. Jika anak kekurangan makan tentu akan membuat tubuh lemas dan cepat lelah, serta jika kelebihan makan itu akan membuat anak malas melakukan pekerjaan apapun dikarenakan perut kekenyangan. Sehingga orang tua harus menjaga agar pola makan anak ideal.

share

 

Alexa rank Makanan Sehat, Makanan Diet, Makanan Bergizi, Alexa Rank For Healthy Food

Belum genap 1 bulan usia https://makanandietsehat.wordpress.com, situs penjualan online beberapa produk  makanan sehat yang alami, yang bergizi dan menyehatkan, kini Alexa.com dengan kemurahan hatinya telah memberikan Alexa Rank yang naik secara signifikan yang awalnya dari 25.905.442 sekarang menjadi 11.107.302.

Dengan naiknya Alexa rank ini menjadi lecutan bagi kami untuk meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan dan para pengunjung setia https://makanandietsehat.wordpress.com.

shareinvisible

Makanan Sehat terdapat pada Mie bayam, Mie SAYUR, Spinach, Healthy NOODLE

Bayam (Amaranthus spp) merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau, konon tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang sudah tersebar di seluruh dunia, dan tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting bagi tubuh.

Kandungan zat besi pada bayam relatif tinggi daripada sayuran daun lain, sehingga berguna bagi penderita Anemia, secara umum bayam bermanfaat bagi kerja Ginjal, melancarkan pencernaan, mencegah hilangnya penglihatan akibat usia yang menua, kandungan lutein dan folatenya membantu mencegah penyakit jantung dan resiko bayi lahir cacat, kandungan magnesiumnya bermanfaat mengurangi pembentukan batu empedu.

Mie Bayam hadir untuk anda sebagai makanan sehat siap santap dengan kandungan gizi yang sangat tinggi. Makanan sehat dengan harga yang sangat terjangkau

shareinvisible

Wortel dan Manfaatnya, Khasiat Wortel, Carrot

Siapa yang tak kenal wortel, tanaman sayur berwarna kuning ini ternyata banyak sekali manfaatnya, selain banyak digunakan sebagai makanan dapur yang enak dan renyah ternyata khasiat wortel sangat menakjubkan kita semua.

Wortel dan manfaatnya sangat banyak bagi kesehatan tubuh kita karena wortel mengandung banyak zat gizi seperti gula, betakaroten, pectin, vitamin A, B, C, D, E, K, serat, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, besi, sodium, asam amino, dll.

Manfaat wortel antara lain sebagai antioksidan yang dapat mencegah kanker, mengatasi amandel dan gangguan pernapasan, meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan mata, menghaluskan kulit, menurunkan kolesterol, melancarkan pencernaan , dll

Jadi tunggu apa lagi, makan wortel yuk !

source : dari berbagai sumber

shareinvisible