Makanan Sehat Untuk Anak, Healthy Food For Kids

Makanan sehat untuk anak biasanya identik dengan kata mewah, dikarenakan kebiasaan orang tua menghabiskan uang berlebih untuk kebutuhan pangan anak, dengan tujuan si buah hati mendapatkan kesehatan dan perkembangan yang optimal serta mendapatkan kecerdasan sesuai dengan harapan orang tua. Oleh karena itu orang tua selalu “menghambur hamburkan” uang untuk membeli makanan yang dinilai mahal dan pastinya cukup gizi. Padahal makanan bergizi tinggi tidak harus mahal, menu makanan yang perlu dipersiapkan orang tua haruslah mengandung vitamin, protein, karbohidrat yang terdapat pada sayuran, buah- buahan,nasi dan susu.Cukup dengan menu yang mengandung ketiga zat tadi sudah dapat dipastikan anak akan tumbuh sesuai dengan harapan bunda.

Jadi jangan membayangkan bahwa makanan sehat itu makanan yang hanya mampu dibeli oleh orang kaya saja, karena makanan sehat adalah makanan yang mengandung zat- zat yang dibutuhkan tubuh. Setelah mengetahui hal ini tentu orang tua tidak perlu takut lagi dalam menyajikan menu makanan sehat untuk anak, karena bahan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh serta mengandung ketiga zat penting tadi bisa didapatkan dengan mudah serta harga yang sangat terjangkau, sehingga anak akan tumbuh dengan optimal.

Ketika anak tumbuh optimal tentunya semua harapan kita tentang tumbuh kembang anak akan terpenuhi serta kita tidak perlu lagi mengkhawatirkan anak kita mudah terserang penyakit. Karena anak yang makan dengan menu yang sesuai dengan makanan sehat untuk anak maka metabolisme anak akan meningkat sehingga anak tidak mudah sakit dan hal ini pastinya akan memaksimalkan anak untuk belajar tanpa gangguan sakit, sehingga secara otomatis prestasi anak akan meningkat. Zat protein yang termasuk dalam tiga zat yang dibutuhkan tubuh terutama anak yang sedang dalam masa berkembang merupakan zat yang bisa meningkatkan kecerdasan anak.

Selain memenuhi menu makanan sehat untuk anak orang tua juga harus memperhatikan pola makan anak, jangan sampai berlebihan ataupun kekurangan karena hal ini juga sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Makan yang ideal adalah 3 kali sehari yaitu sebelum berangkat sekolah karena ada penelitian yang mengatakan jika kita sarapan sebelum berangkat sekolah maka konsentrasi belajar di sekolah tidak akan terganggu, yang kedua adalah makan siang atau pulang sekolah karena tubuh perlu tambahan energi setelah tadi melakukan banyak aktivitas, yang terakhir makan malam atau 2 jam sebelum tidur malam karena jika mendekati tidur malam makanan tidak akan terproses secara sempurna di dalam tubuh. Jika anak kekurangan makan tentu akan membuat tubuh lemas dan cepat lelah, serta jika kelebihan makan itu akan membuat anak malas melakukan pekerjaan apapun dikarenakan perut kekenyangan. Sehingga orang tua harus menjaga agar pola makan anak ideal.

share

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s