10 Fakta Tentang Gizi, Fakta Kesehatan WHO, 10 Facts on Nutrition

Nutrisi adalah asupan makanan, yang  kaitannya dengan kebutuhan diet sehat. Gizi yang baik dan diet yang  benar dikombinasikan dengan aktivitas fisik secara teratur  adalah dasar kesehatan yang baik. Kurang gizi dapat menyebabkan penurunan kekebalan, meningkatkan kerentanan  penyakit, gangguan fisik dan mental.

Nutrisi juga pondasi untuk kesehatan dan pembangunan, orang sehat lebih kuat, lebih produktif, dan lebih mampu mematahkan siklus kemiskinan dan dapat memaksimalkan potensi mereka sepenuhnya.

Beberapa fakta yang dapat kita jadikan pegangan diantaranya adalah :

  1. Malnutrisi merupakan penyumbang utama terhadap total beban penyakit global. Lebih dari sepertiga kematian anak di seluruh dunia dikaitkan dengan gizi. Kemiskinan adalah penyebab utama dari sulinya memenuhi asupan gizi.
  2. Sebuah indikator utama dari malnutrisi adalah terhambatnya pertumbuhan atau kekerdilan, yaitu ketika anak-anak terlalu pendek diantara  kelompok usia mereka dibandingkan dengan standar pertumbuhan anak. Sekitar 178 juta anak-anak di dunia mengalami kekerdilan, yang dihasilkan dari makanan yang tidak sehat, sedikitnya asupan vitamin dan mineral dan timbulnya penyakit yang menyebabkan  pertumbuhan melambat dan perkembangan otak anak tertinggal .
  3. Berat badan menurun adalah bentuk parah dari kekurangan gizi akibat kekurangan pangan akut dan diperparah oleh penyakit. Sekitar 1,5 juta anak meninggal setiap tahun karena berat badan menurun. Naiknya harga pangan, kelangkaan pangan di daerah konflik, dan bencana alam mengurangi akses untuk makanan yang sesuai dan memadai.
  4. Kekurangan yodium adalah masalah  utama dalam  kesehatan masyarakat. Sekitar 2 milyar orang di dunia  kekurangan yodium,  begitu juga kekurangan  vitamin A menjadi penyebab  lebih dari setengah juta kematian  anak-anak di bawah lima tahun diseluruh dunia setiap tahunnya.
  5. Kelebihan berat badan dan Obesitas di seluruh dunia merupakan tantangan kesehatan masyarakat yang utama. Sebagai akibatnya, tingkat penderita Diabetes dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan diet terus meningkat.
  6. Gizi yang dibutuhkan ibu hamil selama kehamilan berguna untuk kesehatan bayi. WHO merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama enam bulan, memperkenalkan makanan pendamping yang sesuai dengan usia dan aman di enam bulan, dan terus menyusui sampai dua tahun atau lebih. Sekitar 20% kematian pada anak balita di seluruh dunia bisa dihindari jika panduan ini  diikuti.
  7. Masa remaja adalah waktu yang ideal untuk membentuk kebiasaan makan yang baik dan aktivitas fisik. Anemia merupakan masalah gizi yang utama pada anak perempuan remaja.
  8. Makanan yang tidak sehat dan tidak aktif bergerak  meningkatkan resiko kesehatan dari waktu ke waktu yang berkontribusi pada penyakit jantung, kanker, diabetes dan masalah lain.
  9. Pada tahun 2006 WHO mengeluarkan standar pertumbuhan anak internasional yang memberikan tolok ukur untuk membandingkan status gizi anak-anak.
  10. Pendidikan umum merupakan cara lain untuk meningkatkan kesehatan gizi. Mulai di China selama Olimpiade Beijing, dan berlanjut di negara-negara lain, WHO dan Negara-negara Anggota akan mempromosikan “5 kunci” untuk diet yang sehat:

    1. memberi bayi Anda hanya ASI untuk enam bulan pertama kehidupan
    2. makan  makanan yang bervariasi
    3. makan banyak sayuran dan buah-buahan
    4. makan makanan dengan jumlah lemak sedang
    5. makan lebih sedikit garam dan gula

Source : WHO (World Health Organization)

Bookmark and Share

 

2 responses to “10 Fakta Tentang Gizi, Fakta Kesehatan WHO, 10 Facts on Nutrition

  1. terima kasih……. info bagus
    everything about msg kunjungi web kami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s